Obat asam urat tradisional

9 Obat Asam Urat Tradisional

Posted on

Kadar asam urat yang tinggi pada tubuh, menyebabkan penimbunan pada sendi dan membentuk peradangan sendi. obat asam urat tradisional yang alami tentu sangat membantu dan tidak mempunyai efek samping. Peradangan asam urat pada sendi ini juga disebut gout arthritis. Kadar asam urat yang tinggi seringkali disepelekan oleh orang apabila belum mengalami gejala. Namun sebenarnya, ketika Anda sudah mengalami gejala gout arhtritis maka penanganannyapun juga semakin sulit. Orang dengan gout arhtritis atau asam urat yang tinggi akan merasakan rasa nyeri yang sangat menusuk nusuk di bagian sendi sendi tubuh. Ketika digerakkan sedikit, maka akan terasa nyeri. Rasa nyeri akan semakin parah di pagi hari saat bangun tidur. Oleh karena itu sangat baik apabila Anda menjaga kadar asam urat tubuh tetap normal, atau mencegah timbulnya gejala lanjut yang tentu menyakitkan.

Terdapat banyak pilihan obat medis untuk menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Namun untuk pencegahan atau menyeimbangkan kadar asam urat secara simultan, Anda mungkin bosan dengan obat medis. Selain itu, obat medis (kimia) juga pasti memiliki efek samping lain. Nah, untuk menghindari efek samping penggunaan jangka panjang untuk pencegahan atau menstabilkan kadar asam urat ini, Anda perlu mencoba obat asam urat tradisional. Obat asam urat tradisional merupakan obat obatan yang berasal dari bahan alami dari alam. Proses pembuatannya pun mudah dan bisa dilakukan dan dikonsumsi oleh siapa saja.

9 Obat Asam Urat Tradisional

Berikut ini kesembilan obat asam urat tradisional yang alami sehingga aman untuk dikonsumsi tubuh dalam jangka waktu yang lama sebagai alternatif terapi.

  1. Jus lemon

Lemon merupakan buah kaya vitamin C. Vitamin C baik untuk menghambat proses inflamasi, selain itu juga membuat badan lebih segar, dan mempercepat penyembuhan. Manfaat inilah yang dapat diambil untuk mengurangi kadar asam urat dalam darah sehingga mencegah nyeri pada gout arthritis. Selain lemon, buah buahan kaya vitamin C lainnya juga baik dikonsumsi, seperti jeruk. Vitamin C ini juga berperan memperkuat jaringan tubuh dan menyembuhkan sel sel tubuh yang tertekan oleh penumpukan asam urat. Caranya yaitu cukup dengan meminum 1 gelas air perasannya setiap hari.

Baca juga : Cara alami mengobati kram saat menstruasi

  1. Baking soda

Obat asam urat tradisional selanjutnya yaitu dengan baking soda. Ya, baking soda dikenal menjadi bahan pengembang roti, nah apakah bisa baking soda menurunkan asam urat? Ya, baking soda mampu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Baking soda merupakan bentuk natrium bikarbonat. Baking soda di larutkan dalam air putih, kemudian diminum. Natrium bikarbonat dapat mengaktifkan anti inflamasi dalam tubuh menjadi lebih aktif, sehingga terhindar dari kondisi gout. Takaran baking soda yang boleh digunakan yaitu 4 sendok teh dalam satu hari. Tidak diperkenankan lebih dari itu, karena dapat memicu hipertensi jika terlalu banyak. Pada orang dengan usia lebih dari 60 tahun tidak dianjurkan untuk meminum baking soda lebih dari 3 kali sehari. Rasakan perubahan terhadap rasa nyeri pada peradangan sendi setelah satu atau dua hari.

  1. Jahe

Selain ampuh untuk mengobati flu jahe juga berguna untuk mengobati asam urat. Jahe mengandung senyawa anti inflamasi. Peradangan pada sendi akibat asam urat merupakan proses inflamasi yang juga disertai nyeri. Dengan jahe, proses inflamasi dapat dihambat, dan nyeri yang Anda rasakan juga akan berkurang. Caranya yaitu:

  • Siapkan jahe, lalu potong kecil kecil
  • Resbus jahe dengan air secukupnya sampai mendidih
  • Air rebusan jahe diminum, minimal dua kali sehari.
  • Cara lainnya adalah, dengan membentuk jahe menjadi bubuk jahe. Lalu di buat pasta dengan memberikan air secukupnya. Pasta jahe di bobokkan atau dioleskan pada area sendi yang nyeri. Biarkan sampai pasta mengering dan lakukan sesering mungkin.
  • Pada hari kedua Anda akan mulai merasakan peruubahan atau rasa nyeri yang berkurang.
  1. Arang aktif

Arang aktif dipercaya mampu mengurangi kadar asam urat. Campurkan bubuk arang dengan air sampai membentuk pasta. Kemudian masukkan pada bak mandi yang sudah diisi air lebih banyak. Aduk aduk sampai air berubah jadi air arang, lalu celupkan bagian sendi yang terkena gout arthritis kurang lebih selama 30 menit. Lakukan sesering mungkin atau setiap kali Anda merasakan nyeri pada sendi.

  1. Pisang

Pisang merupakan buah yang umum dan mudah dijumpai. Pisang mengandung zat potassium /kalium yang cukup tinggi. Kalium berperan dalam merubah kristal asam urat yang mengendap pada sendi sendi tubuh, sehingga dapat menjadi cair lalu dikeluarkan dari tubuh dalam bentuk urin. Selain itu pisang juga memiliki kandungan vitamin C yang berfungsi untuk mengurangi peradangan pada sendi. Selain peradangan yang akan berkurang dan nyeri hilang, Anda akan mendapatkan kadar asam urat tubuh yang berkurang. Caranya yaitu dengan mengkonsumsi pisang secara langsung setiap hari. Makanlah 1 sampai 2 buah pisang per hari.

Baca juga : Cara mengobati penyakit gondok secara alami

  1. Cuka sari apel

Cuka sari apel juga bisa menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Caranya yaitu dengan mencampurkan 1 sampai 2 sendok cuka sari apel dengan air secukupnya. Minumlah sekali per hari atau lebih. Pastikan Anda menggunakan cuka sari apel yang organik dan tnapa bahan pengawet untuk mendapatkan hasil yang baik.

  1. Ceri

Pada penelitian pada 600 orang dengan asam urat atau gout. Terjadi penurunan gejala gout hingga 35%. Dan responden yang mengkonsumsi lebih banyak ceri setiap harinya terjadi penurunan gejala gout sampai 50 persen. Buah ceri bisa Anda makan begitu saja setiap hari. Jika bosan, Anda juga bisa memodifikasinya dengan membuat jus.

  1. Minum banyak air putih

Hidrasi tubuh dengan cairan yang banyak juga membantu mengurangi kadar asam urat. Dengan konsumsi air putih yang banyak, maka proses filtrasi atau penyaringan tubuh juga akan berjalan sangat baik, sehingga kelebihan asam urat dalam tubuh dapat disaring dan dibuang keluar melalui urin. Konsumsi air putih minimal sehari adalah 8 gelas.

  1. Nanas

Salah satu obat asam urat tradisional lainny adalah dengan konsumsi bentuk senyawa bromelain. Senyawa ini ada pada buah nanas. Enzim ini terbukti mampu mengurangi kadar asam urat dalam darah dengan mengkonsumsinya setiap hari. Konsumsi nanas terlalu banyak juga tidak baik untuk sistem pencernaan Anda, sehingga pastikan Anda memiliki sistempencernaan yang baik dan juga makan buah nanas seperlunya saja.

Penjelasan diatas merupakan cara menurunkan kadar asam urat dalam tubuh menggunakan bahan bahan alami. Proses penurunan kadar asam urat in imungkin tidak terlalu cepat dibandingkan dengan obat obatan medis. Namun obat asam urat tradisional ini bersifat alami dan tidak memberikan efek samping apapun. Hal ini juga menjauhkan tubuh Anda agar tidak tergantung dengan obat- obatan kimia. Konsumsi yang sering dan rutin akan memberikan dampak yang baik terhadap kadar asam urat, selain itu obat dengan bahan alami tersebut juga memberikan manfaat kesehatan lainnya bagi tubuh. Nah, mantap sekali kan. Selain untuk asam urat, beberapa bahan diatas juga bisa untuk menyehatkan tubuh secara keseluruhan.

Gravatar Image
Blogger desa yang berasal dari Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Hobi ; ngeblog, desain grafis, dan peduli dengan kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *