cara alami untuk mengobati biang keringat berlebih

Cara Alami Untuk Mengobati Biang Keringat

Posted on

Saat musim panas adalah waktu yang sangat menyenangkan bagi banyak orang, tetapi bisa menjadi mimpi buruk bagi mereka yang menderita biang keringat, juga disebut ruam keringat atau ruam panas. Dalam istilah medis, kondisi ini dikenal sebagai miliaria. Ini adalah masalah kulit yang umum dialami orang dewasa, anak-anak dan bahkan bayi. cara alami untuk mengobati biang keringat sebenarnya bisa dilakukan sejak dini, apa  saja cara mengobatinya ? stay terus disini.

Sebagian besar terjadi pada orang-orang yang tinggal di daerah beriklim panas dan lembab. Hidup dalam kondisi seperti itu menyebabkan berkeringat berlebihan yang bisa menyebabkan kelenjar keringat menjadi tersumbat.

Penyebab lain dari biang keringat adalah infeksi bakteri dan kelenjar keringat yang belum berkembang. Kelebihan berat badan dan memimpin gaya hidup yang butuk dapat meningkatkan risiko.

Biang keringat bisa muncul di manapun di tubuh, tapi biasanya mempengaruhi kaki, punggung, leher, selangkangan, tangan, ketiak, perut dan dada bagian atas. Gejala umum adalah radang ringan, sensasi menyengat atau tusukan, dan benjolan bulat merah kecil atau ruam yang gatal .

Baca juga : Cara alami untuk mengatasi kulit kering

Biasanya panas yang menyakitkan bisa hilang secara alami karena kondisi cuaca membaik. Tapi saat menyerang di musim panas yang sangat panas, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mendinginkan tubuh Anda.

Anda bisa tinggal di kamar ber-AC, atau mandi air dingin atau mandi untuk meminimalkan sensasi terbakar pada kulit Anda. Anda juga bisa mencoba beberapa pengobatan rumahan yang sangat efektif dan tidak memiliki efek samping.

Cara Alami Untuk Mengobati Biang Keringat

Berikut adalah metode pengobatan untuk mengatasi masalah biang keringat yang sering menghampiri seseorang ketika beraktivitas berlebih :

  1. Oatmeal

Cara alami untuk mengobati biang keringat pertama dengan Oatmeal, yang merupakan perawatan yang populer untuk biang keringat karena sifat anti-iritasi, anti-inflamasi dan menenangkannya. Bahan alami ini memiliki efek menenangkan pada kulit dan memberikan kelegaan instan dari peradangan dan gatal yang disebabkan oleh biang keringat.

  • Tambahkan satu cangkir bubuk oatmeal halus ke bak mandi yang diisi air dingin. Aduk rata sampai air mendapat warna susu.
  • Rendam dalam bak mandi ini selama 20 sampai 30 menit.
  • Lalu keringkan tubuh Anda dengan handuk lembut.
  • Lakukan ini dua kali sehari selama seminggu untuk mendapatkan penyembuhan.
  1. Pengobatan Dingin

Menggunakan kompres dingin di daerah yang terkena akan memberikan bantuan langsung dari peradangan, rasa tegang dan gatal.

  • Bungkus beberapa es batu dalam kain. Letakkan di area yang terkena dampak selama lima sampai 10 menit setiap kali menggunakannya. Ulangi setiap empat sampai enam jam selama dua sampai tiga hari. Ini akan mencegah ruam semakin memburuk dan menyebar lebih jauh.
  • Sebagai alternatif, Anda bisa merendam kain katun dengan air dingin, mengeluarkan air berlebih dan meletakkannya di atas area yang terkena dampak selama lima sampai 10 menit. Ulangi tiga atau empat kali sehari selama sekitar satu minggu.
  • Anda juga bisa mandi air dingin atau mandi bila diperlukan untuk mengurangi intensitas gejalanya.
  1. Cendana

Cendana memiliki sifat menenangkan yang dapat secara efektif menghilangkan gejala biang keringat. Hal ini juga dapat membantu mendinginkan suhu tubuh Anda, yang sangat penting untuk pemulihan yang cepat.

  • Siapkan pasta dengan mencampur bubuk cendana dan air mawar dengan porsi yang sama. Oleskan pasta ini ke kulit yang terkena, dan biarkan sampai kering. Bilas dengan air dingin. Ikuti obat ini dua kali sehari selama seminggu.
  • Sebagai alternatif, campurkan dua sendok makan masing-masing bubuk cendana dan bubuk ketumbar dengan air mawar yang cukup untuk membuat pasta kental. Teraqpkan pasta di daerah yang terkena dan biarkan kering dengan sendirinya. Cuci dengan air dingin dan keringkan kulit Anda. Ulangi dua kali sehari selama seminggu.
  • Anda juga bisa menaburkan bubuk kayu cendana sebagai talek di daerah yang terkena setelah mandi.
  1. Baking Soda

Baking soda adalah obat yang berguna untuk perawatan biang keringat. Ini bekerja sebagai agen pengelupas lembut yang membantu membersihkan pori-pori dengan menghilangkan sel kulit mati, kotoran dan kotoran lainnya. Hal ini dapat mengurangi gatal dan pembengkakan yang terkait dengan biang keringat.

  • Tambahkan satu sendok teh baking soda ke satu cangkir air dingin.
  • Rendam kain lap bersih di larutan dan peras kelebihan air.
  • Letakkan kain lap di atas area yang terkena dampak selama lima sampai 10 menit.
  • Ulangi empat atau lima kali sehari selama seminggu.
  1. Aloe Vera

cara alami untuk mengobati biang keringat berlebih dengan aloe vera karena sifat anti-inflamasi, menenangkan dan pendinginan, lidah buaya adalah obat rumah yang sangat baik untuk biang keringat.

  • Ekstrak gel lidah buaya segar dari daun lidah buaya.
  • Gosokkan gel ke kulit yang terkena.
  • Biarkan selama minimal 20 menit, lalu mandi air dingin.
  • Lakukan ini setidaknya dua kali sehari selama sekitar satu minggu.
  1. Mangga Mentah

cara alami untuk mengobati biang keringat selanjutnya dengan mangga mentah, yang merupakan salah satu makanan terbaik untuk pendinginan tubuh Anda secara efektif dan memberi Anda kelegaan dari rasa gatal dan gejala demam berdarah lainnya.

  • Rebus dua mangga mentah yang telah dicuci bersih dengan dua gelas air sampai menjadi lunak.
  • Saat dingin, ambil mangga dari air dan peras.
  • Tambahkan bubur mangga muda ke air yang didinginkan, bersama dengan garam batu dan gula sesuai selera Anda.
  • Minumlah sekali atau dua kali sehari selama seminggu untuk mempercepat proses penyembuhan.
  1. Mentimun

Selain untuk mengatasi bibir yang gelap, Mentimun juga bisa digunakan untuk mengobati biang keringat, karena memiliki efek pendinginan yang menenangkan dan membantu mendinginkan kulit yang terkena. Hal ini juga bisa memberi kelegaan dari gatal.

  • Potong mentimun menjadi irisan tipis. Rendam selama beberapa menit dalam semangkuk air dingin dicampur dengan dua sendok makan jus lemon. Tempatkan irisan mentimun direndam di daerah yang terkena dampak selama 10 menit. Lakukan ini tiga kali sehari selama seminggu.
  • Anda juga bisa menggosok irisan mentimun di daerah yang terkena. Biarkan selama 30 menit, lalu bersihkan dengan air dingin. Ini akan mendinginkan area dan mengurangi gatal. Lakukan ini beberapa kali sehari selama seminggu untuk meningkatkan penyembuhan.
  • Karena timun memiliki kandungan air yang tinggi, dapat juga memakannya setiap hari untuk menjaga agar tubuh tetap terhidrasi.

Biasanya ruam panas hilang dalam waktu seminggu dengan menggunakan perawatan alami ini. Jika Anda tidak merasa lega dalam waktu seminggu atau jika beberapa jenis infeksi kulit berkembang, dapatkan pertolongan medis.

Gravatar Image
Blogger desa yang berasal dari Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Hobi ; ngeblog, desain grafis, dan peduli dengan kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *