Cara Alami Untuk Mengobati Penyakit Kuning

Posted on

Penyakit kuning umumnya berkembang pada bayi, biasanya setelah lahir. Namun bisa juga mempengaruhi orang dewasa. Cara alami untuk mengobati penyakit kuning bisa dilakukan dirumah sendiri. Hal ini terjadi karena tingkat pigmen empedu yang meningkat , yang dikenal sebagai bilirubin dalam darah. Bilirubin adalah produk alami dari proses pemecah dan pemindahan sel darah merah lama dan rusak.

Biasanya dikeluarkan  dari tubuh oleh hati, sama seperti banyak produk limbah alami lainnya. Bila hati tidak dapat melakukannya karena suatu alasan, tingkat bilirubin dalam darah meningkat dan menyebabkan ikterus.

Penyakit kuning dapat berasal dari berbagai jenis dan dapat disebabkan oleh infeksi, penggunaan obat tertentu, atau kondisi mendasar lainnya seperti kelainan darah, batu empedu, hepatitis, penyakit hati alkoholik, kanker pankreas, dll. Kondisi ini seringkali merupakan pertanda adanya masalah dengan Hati, pankreas, atau kantong empedu.

Gejala paling umum dari ikterus adalah menguningnya kulit, mata, lidah dan urin . Bergantung pada penyebabnya, gejala lainnya bisa berupa kelelahan, sakit kepala, demam, kehilangan nafsu makan, mual, muntah, penurunan berat badan, sakit perut, gatal pada kulit dan tinja berwarna pucat.

Ada beberapa pengobatan di rumah yang dapat membantu mengobati penyakit kuning dengan merangsang fungsi hati dan meningkatkan aliran empedu di saluran empedu.

Cara Alami Untuk Mengobati Penyakit Kuning

Berikut adalah metode pengobatan rumah untuk mengobati penyakit kuning yang bisa anda coba sendiri.

Pengobatan ini bisa mempercepat penyembuhan penyakit kuning. Plus, seseorang yang menderita penyakit kuning harus segera mencari saran medis dan memastikan istirahat yang cukup, melakukan olahraga ringan dan mendapatkan udara segar untuk mempercepat proses penyembuhan.

  1. Lemon

Lemon dapat membantu mengobati penyakit kuning karena khasiat penyembuhan. Lemon mendorong produksi urin sehingga produk limbah berbahaya, termasuk bilirubin, bisa dieliminasi dari tubuh. Plus, mereka lemon dapat merangsang produksi empedu hati dan meningkatkan penyerapan mineral.

  • Encerkan jus dari setengah lemon dalam satu gelas air dan minumlah tiga atau empat kali sehari selama dua sampai tiga minggu.
  • Anda juga bisa mencampur jus lemon satu setengah dan sedikit garam dalam satu gelas air. Minumlah tiga kali sehari selama beberapa minggu.
  • Sebagai alternatif, tambahkan delapan sampai 10 daun lemon ke secangkir air mendidih. Tutup dan diamkan sekitar lima menit. Saring dan minumlah dua kali sehari selama berminggu-minggu.
  1. Tebu

Obat lain yang populer untuk pemulihan cepat dari penyakit kuning adalah tebu. Selama sakit kuning, terjadi penurunan kadar glukosa secara mendadak. Gula yang mudah dicerna yang ditemukan di tebu membantu menjaga tingkat energi Anda tetap tinggi dan memastikan pemulihan lebih cepat.

Plus, tebu benar-benar bersifat basa, ini membantu menjaga kadar asam rendah di tubuh Anda dan membuat tubuh tetap terhidrasi.

  • Buat segelas jus tebu dan peras jus dari setengah lemon ke dalamnya. Campur dengan baik lalu minum jus ini dua atau tiga kali sehari selama dua sampai tiga minggu. Ini akan membantu Anda mengeluarkan urin dengan benar dan memberi makan tubuh Anda.
  • Sebagai alternatif, Anda bisa meminum secangkir jus tebu dengan satu sendok teh daun kemangi dua kali sehari selama beberapa minggu.

Catatan: Anda dapat mengekstrak jus tebu dengan menggunakan juicer tebu karena kebanyakan mesin jus rumah tidak dapat tahan terhadap tekanan jus tebu.

  1. Kunyit

cara alami untuk mengobat penyakit kuning lainnya ialah Kunyit, hal ini disebabkan kunyit memiliki senyawa yang dikenal sebagai kurkumin yang membantu dalam proses detoksifikasi hati. Curcumin mencegah alkohol dan toksin berbahaya lainnya dari kerusakan hati. Plus, khasiat obat dan penyembuhannya memastikan pemulihan lebih cepat.

  • Campurkan seperempat sendok teh bubuk kunyit dengan segelas air hangat. Minum larutan ini dua atau tiga kali sehari selama beberapa minggu.
  • Sebagai alternatif, Anda bisa mencampur satu sendok teh bubuk kunyit, jus yang baru diekstraksi dari satu lemon, sedikit cabai rawit dan satu sendok teh madu dalam satu cangkir air hangat. Minumlah sekali sehari selama beberapa minggu.
  1. Jahe

Cara alami untuk mengobat penyakit kuning lainnya ialah Jahe, karena jahe merupakan detoxifier alami dan juga melindungi hati dari berbagai masalah dan memastikan fungsi normal dan lancar.

  • Ekstrak jus dari sepotong kecil jahe.
  • Campurkan satu sendok teh jus ini dengan satu sendok teh jus mint dan jus jeruk nipis. Tambahkan satu sendok makan madu.
  • Konsumsilah campuran ini tiga atau empat kali sehari selama dua minggu.
  1. Lobak

Lobak sangat baik untuk hati dan karenanya merupakan obat yang baik untuk penyakit kuning. Lobak juga bertindak sebagai detoksifikasi kuat untuk memurnikan darah dan membantu menghilangkan racun dan limbah berbahaya, termasuk bilirubin, dari tubuh. Keduanya,lobak dan daun lobak dapat digunakan dalam pengobatan penyakit kuning.

  • Ekstrak jus dari beberapa daun lobak segar. Minum satu gelas jus daun lobak dua kali sehari selama sekitar 10 hari untuk memastikan pemulihan lebih cepat. Anda juga bisa menambahkan satu sendok teh daun kemangi yang hancur di dalamnya.
  • Sebagai alternatif, makan lobak segar, terutama lobak hitam setiap pagi selama dua minggu. Anda bisa memakannya dalam salad atau sup.
  1. Tomat

cara alami untuk mengobat penyakit kuning lainnya ialah tomat, tingginya jumlah lycopene yang ada pada tomat dapat membantu mengurangi kerusakan pada hati dan memudahkan penyembuhan dari penyakit kuning. Selain itu, tomat bertindak sebagai detoksifikasi ampuh, yang berarti dapat secara efektif menghilangkan racun berbahaya dari tubuh .

  • Rebus lima tomat segar dalam dua gelas air selama 10 sampai 15 menit.
  • Lepaskan kulit dan campurkan tomat.
  • Tekan pada saringan untuk mengekstrak jusnya.
  • Tambahkan sedikit lada dan garam ke jusnya.
  • Minum satu gelas jus ini setiap pagi dengan perut kosong.
  • Ikuti pengobatan ini setiap hari setidaknya dua minggu.
  1. Almond

Almond membantu membuang limbah dari darah, melawan infeksi dan berperan penting dalam mendukung fungsi hati yang sehat. Plus, almond kaya nutrisi seperti serat, riboflavin, magnesium, zat besi dan kalsium yang baik untuk hati.

  • Rendam delapan sampai 10 kacang almond, bersama dengan dua atau tiga kurma kering dan tiga atau empat kapulagakecil di dalam air dalam semalam.
  • Keesokan paginya, keluarkan kulit dari kacang almond dan biji dari kurma.
  • Masukkan semua bahan ke dalam blender untuk membuat pasta halus.
  • Campur dua sendok teh gula dan satu sendok teh mentega.
  • Konsumsilah campuran ini setiap hari selama dua minggu.
  1. Wortel

Wortel adalah obat rumah yang efektif untuk penyakit kuning. Sayuran jeruk ini sangat efektif dalam membersihkan hati dan memperbaiki kerusakan. Plus, wortel kaya akan beta karoten, yang diubah tubuh menjadi vitamin A, nutrisi yang dibutuhkan untuk sistem kekebalan tubuh yang kuat dan pemulihan yang lebih cepat.

  • Minumlah segelas jus wortel setiap hari untuk memperbaiki kondisi hati Anda.
  • Anda juga bisa makan wortel dalam bentuk bubur, rebus atau salad untuk mempercepat proses penyembuhan.

Demikian ulasan mengenai cara alami untuk mengobat penyakit kuning yang bisa Anda coba sendiri di rumah, semoga penyakit kuning yangdiderita segera sembuh.

Gravatar Image
Blogger desa yang berasal dari Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Hobi ; ngeblog, desain grafis, dan peduli dengan kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *