cara cepat untuk mengobati flu

Cara Cepat Untuk Mengobati Flu (Influenza)

Posted on

Tahukah Anda cara cepat untuk mengobati flu dengan ramuan obat alami ? Influenza, yang juga dikenal sebagai flu atau grippe, adalah penyakit virus menular yang mempengaruhi sistem pernapasan bagian atas, termasuk paru-paru, tenggorokan dan hidung Anda. Ini adalah salah satu masalah kesehatan yang paling umum terjadi, yang menimpa orang di seluruh dunia.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention, ribuan orang di AS meninggal setiap tahun karena komplikasi yang timbul dari influenza.

Seringkali orang salah mengira influenza untuk flu biasa selama tahap awal karena gejalanya sangat mirip. Gejala umum influenza adalah pilek , bersin berulang , sakit tenggorokan , kemacetan di bagian hidung, sakit tubuh , sakit kepala, demam tinggi, batuk kering, kelemahan dan kehilangan nafsu makan.

cara cepat untuk mengobati flu

Hal ini sangat menular dan menyebar dengan cepat dari satu orang ke orang lainnya. Orang yang terinfeksi harus menjauh dari anak kecil dan orang tua yang cenderung memiliki sistem kekebalan tubuh lebih lemah.

Penting untuk memulai perawatan segera setelah gejala muncul karena influenza dapat menyebabkan komplikasi kesehatan lainnya seperti infeksi telinga, pneumonia dan bronkitis. Obat antiviral yang diresepkan dapat mengurangi gejala. Namun, dalam banyak kasus, pengobatan di rumah sederhana dapat mengurangi gejala flu ringan sampai sedang.

Cara Cepat Untuk Mengobati Flu

Berikut adalah cara cepat untuk mengobati flu atau sering disebut influenza, yang sudah terbukti khasiatnya.

  1. Madu

Madu diketahui bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu mengurangi gejala flu biasa. Ini juga memiliki sifat antibakteri dan antimikroba yang bisa mempercepat proses penyembuhan .

  • Cukup makan satu sendok makan madu dengan segelas air beberapa kali sehari.
  • Campurkan satu sendok makan madu dalam satu cangkir air panas. Jika mau, tambahkan beberapa tetes jus lemon. Minuman yang menenangkan ini akan meningkatkan aliran lendir dan membantu mengurangi iritasi dan gatal di tenggorokan Anda. Minumlah dua atau tiga kali sehari.
  • Campurkan madu dengan jumlah yang sama dan jus bawang merah. Mintalah satu sendok teh campuran ini tiga kali sehari, sampai flu habis.
  • Anda juga bisa menggabungkan satu sendok teh madu dengan jus yang diekstrak dari 10 sampai 15 daun kemangi segar. Ambil ini sekali sehari.

Catatan: Madu sebaiknya tidak diberikan pada anak di bawah usia 1 tahun.

  1. Lemon

Cara cepat untuk mengobati flu selanjutnya ialah Lemon, buah ini memiliki sifat antibakteri, antiviral, antijamur dan anti-inflamasi yang bekerja sama untuk melemahkan virus flu dalam tubuh serta gejala yang mengganggu.

  • Peras lemon dalam segelas air hangat dan diminum. Lakukan ini tiga atau empat kali sehari sampai gejala Anda mereda.
  • Tambahkan jus satu lemon kecil dan satu sendok makan masing-masing madu dan rumkan secangkir air mendidih. Biarkan selama beberapa menit. Minum limun panas ini dua kali sehari selama beberapa hari.
  • Masukkan satu lemon cincang (kulit dan bubur kertas) ke dalam satu cangkir air mendidih. Biarkan selama lima menit dan kemudian hirup uap dan minum limun panas ini tiga atau empat kali sehari sampai gejala Anda mereda.

Baca juga : Cara alami untuk mengobati bibir gelap

  1. Jahe

Jahe telah lama menjadi obat alami yang populer untuk banyak masalah kesehatan, termasuk influenza. Sifat antiinflamasi yang kuat serta sifat hangat dari jahe membantu mengobati berbagai gejala flu. Plus, ini membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh untuk melawan virus yang menyebabkan influenza.

  • Buat teh jahe dengan menambahkan satu setengah sendok teh jahe yang baru diparut ke satu cangkir air mendidih dan biarkan terjepit selama beberapa menit. Tambahkan sedikit madu dan nikmati teh ini tiga atau empat kali sehari.
  • Campurkan dua sendok teh masing-masing akar jahe parut dan kulit bayberry dan satu sendok teh bubuk cabe rawit. Tambahkan satu sendok teh campuran ke satu cangkir air mendidih. Biarkan curam selama setengah jam dan kemudian saringlah. Minumlah ini beberapa kali sehari.
  • Anda juga bisa memarut jahe segar dan makan sedikit beberapa kali dalam sehari atau menambahkan irisan jahe ke sup dan makanan lainnya.
  1. Bawang putih

Bawang putih salah satu cara cepat untuk mengobati flu yang dapat bekerja sebagai obat untuk influenza karena sifat antiviral, antijamur, antiseptik dan antibakterinya yang alami. Ini juga mengandung allicin majemuk yang meningkatkan kekebalan tubuh yang membantu meringankan berbagai gejala flu.

  • Potong atau hancurkan dua atau tiga siung bawang putih segar dan masukkan ke dalam satu cangkir air panas. Biarkan selama 10 menit, saring lalu diminum seperti teh. Lakukan ini tiga atau empat kali sehari.
  • Anda juga bisa mengunyah satu siung bawang putih mentah atau menelan satu sendok teh jus bawang putih dengan air beberapa kali sehari.
  1. Uap

Uap adalah metode efektif untuk menipiskan lendir, sehingga lebih mudah keluar dari sistem Anda.

  • Nyalakan shower air panas dan duduk di kamar mandi yang tertutup selama beberapa menit, menghirup uap. Lakukan ini beberapa kali sehari untuk mengurangi kemacetan.
  • Tuangkan air matang ke dalam mangkuk besar. Anda bisa menambahkan beberapa tetes minyak thyme atau minyak kayu putih ke air untuk meningkatkan efek penyembuhannya. Tiriskan handuk di atas kepala Anda dan hirup dalam-dalam selama beberapa menit. Lakukan ini sesuai kebutuhan untuk meredakan kemacetan.

Baca juga : Cara alami untuk mengobati penyakit kuning

  1. Fenugreek

Fenugreek digunakan sebagai obat alami untuk influenza karena memiliki antivirus yang kuat dan berbagai khasiat obat lainnya.

  • Tambahkan satu sendok makan biji fenugreek sampai satu setengah liter air. Rebus sampai rata-rata sampai sepertiga dari volume awalnya. Saring solusinya, lalu tambahkan satu sendok teh jus jahe segar dan beberapa tetes madu. Minumlah sekali sehari selama tiga atau empat hari.
  • Rendam satu sendok teh biji fenugreek dalam segelas air dalam semalam. Di pagi hari, saring biji dan bersihkan cairannya. Berkumurlah dengan itu untuk menenangkan sakit tenggorokan . Lakukan ini satu atau dua kali sehari selama beberapa hari.
  1. Peppermint

cara cepat untuk mengobati flu selanjutnya ialah Peppermint, yang merupakan ramuan lain yang banyak digunakan untuk melawan gejala flu. Hal ini sarat dengan nutrisi yang membantu tubuh melawan infeksi. Ini memiliki mentol yang bertindak sebagai ekspektoran, membantu tubuh batuk lendir dan sehingga mengurangi kemacetan, menenangkan sakit tenggorokan dan gejala batuk yang menenangkan.

  • Tambahkan satu sendok makan daun peppermint cincang ke satu cangkir air panas. Biarkan selama 10 menit, saring lalu tambahkan beberapa madu untuk mempermanisnya. Minumlah teh selagi masih hangat. Memiliki tiga sampai empat cangkir setiap hari untuk pemulihan cepat.
  • Anda juga bisa mencampur daun peppermint segar dalam salad atau sup.
  1. Sup Ayam

Sup ayam adalah obat yang dicoba dan diuji untuk influenza dan sangat efektif dalam mengelola berbagai gejala. Beberapa penelitian menyimpulkan bahwa sup ayam menghambat produksi senyawa peradangan yang dilepaskan sebagai respons terhadap infeksi virus.

Semangkuk sup ayam juga membantu lendir tipis dan membuat tubuh tetap terhidrasi. Mengkonsumsi beberapa sup ayam buatan sendiri dua kali sehari selama tiga atau empat hari pertama setelah gejala muncul. Untuk meningkatkan pengaruhnya, tambahkan bawang putih cincang atau serpih paprika merah ke sup sambil menyiapkannya.

Catatan: Jika sup ayam buatan sendiri tidak memungkinkan, Anda bisa mencoba sup kaleng juga.

  1. Jus jeruk

Cara cepat untuk mengobati flu yang terakhir ialah jus jeruk. Kurangnya asupan air selama flu bisa menyebabkan dehidrasi, jadi Anda perlu minum banyak cairan. Minum delapan sampai 10 gelas air per hari akan menjaga tubuh Anda terhidrasi dan sekresi lendir yang tipis. Untuk hasil terbaik, minumlah jus jeruk beberapa kali sehari.

Jus jeruk kaya akan vitamin C yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan produksi sel darah putih untuk melawan infeksi dan menjaga virus tetap ada. Memilih jus jeruk segar dan bukan versi kemasan.

Lain kali Anda terkena flu, cobalah salah satu pengobatan di rumah ini. Anda pasti akan merasa lebih baik lebih cepat.

Gravatar Image
Blogger desa yang berasal dari Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Hobi ; ngeblog, desain grafis, dan peduli dengan kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *