Cara Menghilangkan Keputihan Secara Alami

Cara Menghilangkan Keputihan Secara Alami

Posted on

Keputihan merupakan hal yang wajar yang pernah dialami kebanyakan wanita. Cara menghilangkan keputihan secara alami sendiri banyak cara yang bisa kamu lakukan. Keputihan menunjukkan hal yang normal ataupun abnormal. Keputihan abnormal ditandai dengan cairan keputihan yang kental, berwarna kekuningan atau kehijauan, lengket, bau tidak sedap, gatal di area organ kewanitaan, dan jumlahnya banyak. Hal ini bisa disebabkan akibat dari kurangnya menjaga kebersihan organ kewanitaan, kondisi yang lembab, celana ketat, cara membersihkan organ kewanitaan yang salah, penggunaan sabun organ kewanitaan yang salah, dan lainnya. Kondisi sseperti stres dan hormon juga bisa mempengaruhinya. Tanda tanda keputihan dirasakan rasa gatal, kulit kemerahan, dan cairan kental berwarna putih yang keluar dari organ kewanitaan.

Cara Menghilangkan Keputihan Secara Alami

Berikut ini cara menghilangkan keputihan secara alami yang patut anda coba sendiri dirumah.

  1. Jus lemon

Lemon memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Vitamin C berperan meningkatkan imunitas dalam tubuh. Pada kasus dengan keputihan disebabkan adanya infeksi bakteri yang menyebabkan perubahan warna dan juga bau. Nah, dengan meningkatakn kekebalan tubuh, maka imunitas tubuh akan mampu melawan bakteri penyebab infeksi tersebut. Anda cukup memilnum air perasan lemon atau membuatnya menjadi jus dan dikonsumsi secara rutin. Buah buah lain yang kaya vitamin C, juga memungkinkan manfaat yang sama pada tubuh, seperti buah jeruk.

  1. Daun sirih

Daun sirih sudah dikenal memiliki banyak manfaat salah satunya sebagai cara menghilangkan keputihan secara alami. Caranya yaitu siapkan daun sirih beberapa helai. Kemudian bersihkan dan rebus daun sirih dengan air secukupnya. Setelah mendidih, diamkan sejanak agar agak hangat dan tidak terlalu panas. Saring air rebusan daun sirih. Anda bisa meminumnya secara rutin ketika masih hangat atau juga bisa digunakan untuk membasuh organ kewanitaan dengan benar. Basuh organ kewanitaan dengan air rebusan daun sirih yan gmasih hangat, basuh perlahan lahan hingga bersih dari depan ke belakang.

  1. Buah alpukat

Alpukat juga dipercaya mampu menghilangkani keputihan pada wanita. Buah ini sangat lezat, sehingga bisa dikonsumsi dengan cara apa saja, baik secara langsung, dibuat jus, ataupun dicampur dalam es buah. Alpukat juga memiliki banyak manfaat lainnya yaitu sebagai salah satu menu alternatif diet, untuk kecantikan dan lainnya.

  1. Sayuran hijau

Sayuran hijau berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuh, bermanfaat untuk menstabilkan tubuh dan membuang semua zat beracun sisa metabolisme. Konsumsi sayuran hijau jug abaik untuk merevitalisasi sel sel daralam tubuh sehingga bisa bekerja dengan baik. Dalam hal ini sayuran hijau juga membantu meningkatkan kekebalan tubuh Anda sehingga mampu melawan bakteri infeksi secara optimal. Konsumsi sayuran hijau juga membantu menyegarkan tubuh dan menghilangkan seluruh bau bau yang tidak menyenangkan dari tubuh.

  1. Bawang putih

Bawang putih memiliki peranan sebagai anti infalamasi dan juga anti bakteri. Keputihan yang disebabkan infeksi bakteri dapat disembuhkan dengan bawang putih. Caranya yaitu dengan membuat bawang putih menjadi jus dan mengkonsumsinya secara rutin. Anda juga bisa menggeprek bawang putih dan mengoleskannya pada area organ kewanitaan. Namun caraini mungkin terasa perih apabila terdapat luka pada area infeksi atau kemerahan, dan sebaiknya Anda berhati- hati jika menggunakan cara ini. Selain itu bawang putih juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

  1. Konsumsi air putih yang banyak

Cara menghilangkan keputihan secara alami berikutnya adalah dengan mengkonsumsi air putih yang cukup membantu membersihkan tubuh Anda dari berbagai zat atau bakteri merugikan dalam tubuh. Semakin sering Anda minum memungkinkan Anda untuk sering berkemih. Hal ini juga merupakan proses pembersihan agar tidak terjadi keputihan akibat infeksi bakteri. Semakin sering membersihkan organ kewanitaan dengan benar, akan semakin berkurang kemungkinan interaksi bakteri di dalamnya. Namun Anda juga harus memastikan cara membersihkan organ kewanitaan dengan benar. Selain itu pastikan untuk mengeringkannya dengan tisu. Kondisi yang terlalu lembab juga dapat disukai oleh bakteri.

Baca juga : cara cepat memutihkan wajah secara alami dalam waktu 3 hari

Selain cara dengan menggunakan bahan bahan verbal seperti diatas, cara menghilangkan keputihan secara alami juga bisa dicegah atau di atasi dengan beberapa cara berikut. Cara cara dibawah ini yaitu dengan menjaga kebersihan organ kewanitaan dan membiasakan diri untuk selalu bersih. Dari pada mengatasi atau menghilangkan keputihan akan lebih baik menghidari terjadinya  keputihan dengan cara berikut ini:

  1. Rajin mengganti celana dalam

Rajin rajinlah mengganti celana dalam Anda. Kotoran dalam celana mungkin masuk ke dalam organ kewanitaan Anda dan menyebabkan infeksi bakteri yang berdampak munculnya keputihan. Ketika Anda menganggap celana dalam kotor, segeralah ganti dengan yang bersih. Bahkan ketika celana dalam tidak kotor, tapi Anda barusaja beraktivitas luar yang cukup berkeringat, sebaiknya Anda menggantinya. Semakin sering Anda mengganti celana dalam, maka akan semakin terhindar dari kemungkinan terkena infeksi.

  1. Mengeringkan bagian organ kewanitaan

Setelah BAK atau BAB, bagian organ kewanitaan pasti terkena air dan basah. Kuman atau bakteri menyukai are area yang basah atau lembab. Sehingga Anda perlu mengeringkan bagian organ kewanitaan menggunakan tisu bersih, agar bagian organ kewanitaan tidak lembab dan tidak dihuni oleh bakteri penyebab keputihan. Cara mengeringkannya pun harus benar, gunakan tissu atau handuk lembut dan mudah terserap agar tidak menggores kulit organ kewanitaan dan terjadi luka.

  1. Hindari celana ketat dan basah

Celana dalam yang ketat dapat menyebabkan timbulnya jamur pada kuulit area tersebut. Kondisi jamur ini akan berdampak gatal gatal dan tidak nyaman. Selain itu hindari pemakaian celana basah. Kuman sangat menyukai area lembab, sehingga hindari pemakaian celana yang ketat dan basah. Celana ketat, membuat kulit Anda susah bernafas dan berkeringat yang menyebabkan kulit menjadi lembab.

  1. Seringlah membersihkan organ kewanitaan

Seringlah membasuh organ kewanitaan. Apabila tidak, organ kewanitaan akan kotor dan banyak bakteri yang bersembunyi. Bersihkan organ kewanitaan secara benar yaitu dari arah depan ke belakang. Cara ini yaitu untuk menghindari kotoran masuk kembali ke organ kewanitaan.

Keputihan bisa menjadi sebuah pertanda adanya suatu penyakit atau kondisi tidak sehat pada tubuh kita. Beberapa penyakit yang ditandai dengan adanya keputihan yang tidak normal biasanya terjadi masalah kesehatan pada daerah kewanitaan atau daerah kesuburan wanita. Hal ini misalnya sebagai tanda adanya kanker rahim, kanker serviks, kista, dan lain sebagainya. Pada penyakit tertentu, cara menghilangkan keputihan secara alami mungkin tidak akan memberikan efek seperti yang diinginkan. Maka, jika Anda mengalami tanda tanda keputihan yang tidak normal dan sulit dihilangkan dengan cara cara seperti diatas, atau kondisi keputihan menjadi sangat parah, sangat banyak dan lebih berbau maka sebaiknya Anda cepat periksa ke tenaga kesehatan. Untuk mengantisipasi keputihan yang tidak diinginkan, kepada seluruh wanita sebaiknya mampu mejaga kebersihan area organ kewanitaan dan sekitarnya dengan melakukan cara cara seperti diatas. Cara menghilangkan keputihan secara alami seperti diatas sudah mencakup semua mulai dari herbal yang dibuat minuman atau membasuh organ kewanitaan, dan juga aktivitas atau perilaku yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkannya.

Gravatar Image
Blogger desa yang berasal dari Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Hobi ; ngeblog, desain grafis, dan peduli dengan kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *