Cara Mudah Mengobati Eksim secara Alami

Posted on

Cara mengobati eksim secara alami bisa dilakukan sendiri dirumah dengan bahan obat mayoritas tidak terlalu sulit kita temui disekitar kita. Eksim adalah kelainan kulit kronis yang sangat umum, yang mempengaruhi sekitar 34 juta orang Amerika. Hal ini dapat terjadi pada orang-orang dari semua kelompok usia, namun lebih sering terjadi pada bayi daripada orang dewasa.

Gejalanya meliputi kulit kering, kemerahan, bengkak, mengelupas, lecet, retak, bengkak dan gatal konstan. Hal ini dapat mempengaruhi bagian tubuh yang berbeda seperti wajah, tangan, pergelangan kaki, punggung lutut, leher dan dada bagian atas.

Sementara eksim sering memiliki berbagai faktor yang bisa memicunya, seperti alergi, iritasi lingkungan, berkeringat, dan stres emosional. Wabah eksim bisa kronis atau akut.

Jika tidak diobati, eksim dapat menyebabkan banyak ketidaknyamanan. Ada obat-obatan yang tersedia di pasaran, tapi banyak berbasis kimia dan justru bisa memperparah gejala. Bagi banyak orang, solusi alami adalah pilihan yang lebih baik untuk mengatasi eksim.

Cara Mengobati Eksim dengan Alami

Berikut adalah Cara mengobati eksim secara alami yang bisa kamu praktekkan sendiri dirumah.

  1. Minyak Kelapa

Minyak kelapa adalah salah satu obat yang paling populer untuk eksim. Ini memiliki khasiat antijamur, antibakteri, antimikroba dan antioksidan.

Plus, ini adalah gudang vitamin dan nutrisi sehat , seperti asam laurat dan vitamin K dan E, yang membantu memerangi rasa gatal dan menenangkan kulit. Untuk hasil terbaik, gunakan minyak kelapa murni.

  • Oleskan minyak kelapa langsung ke kulit yang terkena beberapa kali sehari untuk mendapatkan kelegaan instan dari rasa gatal atau nyeri ringan. Lanjutkan berhari-hari sesuai kebutuhan sampai gejala hilang sama sekali.
  • Anda juga bisa mengonsumsi dua sampai empat sendok makan minyak kelapa setiap hari untuk membantu meringankan gejala eksim dan memperbaiki kekebalan tubuh Anda secara keseluruhan. Anda bisa menelan minyak kelapa atau menambahkannya ke makanan atau minuman Anda.
  1. Olomeal koloid

Oatmeal koloid (oatmeal sangat halus) bisa sangat efektif dalam mengobati eksim. Ini mengandung sifat anti-iritasi, anti-inflamasi dan menenangkan yang memudahkan rasa gatal dan mengurangi rasa sakit.

  • Tambahkan satu atau dua cangkir oatmeal koloid ke bak mandi yang berisi air suam-suam kuku. Rendam di dalamnya selama paling sedikit 15 sampai 20 menit. Lalu keringkan kulit Anda dengan lembut, lalu oleskan pelembab ringan.
  • Sebagai alternatif, tambahkan satu sendok makan susu dingin ke dua sendok makan oatmeal koloid untuk membuat pasta kental. Oleskan pasta ini ke area yang terkena, pijatan dengan lembut selama semenit. Biarkan pasta selama 15 sampai 20 menit, lalu bilas dengan air dingin.

Ulangi salah satu dari pengobatan ini tiga atau empat kali seminggu selama beberapa bulan untuk mengetahui perbaikannya.

  1. Kunyit

Cara mengobati eksim secara alami lainnya ialah dengan Kunyit, cara ini telah banyak digunakan dalam pengobatan berbagai kelainan kulit, termasuk eksim. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Narkoba dalam Dermatology edisi Juni 2010 menemukan bahwa kunyit adalah tanaman yang bermanfaat dalam perawatan kulit karena sifat antioksidannya.

Plus, curcumin, bahan aktif yang ada dalam kunyit, memiliki sifat anti-inflamasi dan bakterisida yang membantu mengobati peradangan dan gatal .

  • Campur satu setengah sendok teh kunyit dengan susu secukupnya untuk membuat pasta. Oleskan pasta ini ke kulit yang terkena dua kali sehari sampai kemerahan dan gatal hilang.
  • Sebagai alternatif, Anda bisa menambahkan satu setengah sendok teh kunyit ke satu cangkir air mendidih dan biarkan mendidih selama 10 menit. Biarkan dingin. Anda bisa meminumnya atau menggunakannya untuk mencuci daerah yang terkena.

Ulangi pilihan mana pun yang cocok untuk Anda dua atau tiga kali sehari sampai Anda merasa lega.

  1. Aloe Vera

Lidah buaya memiliki beberapa khasiat yang membuatnya menjadi pengobatan yang efektif untuk eksim. Bahan alami ini memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu menenangkan rasa gatal sekaligus sensasi terbakar. Plus, sifat antimikroba membantu mencegah infeksi kulit lebih lanjut. Selain itu, lidah buaya membantu menghidrasi kulit dan menjaga agar daerah tetap lembab.

  • Ekstrak gel dari daun lidah buaya segar. Anda juga bisa menambahkan beberapa tetes minyak vitamin E ke dalam gel aloe.
  • Oleskan gel langsung ke kulit yang terkena.
  • Biarkan sampai kering dengan sendirinya, lalu bilas dengan air hangat.
  • Gunakan pengobatan sederhana ini dua kali sehari selama beberapa minggu.
  1. Garam Epsom

Garam epsom adalah perawatan rumah yang menenangkan lainnya untuk kondisi kulit yang serius seperti eksim. Magnesium sulfat hadir dalam garam Epsom memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu mengurangi peradangan dan mengurangi rasa gatal.

Cara mengatasi masalah rambut berminyak

Juga, garam Epsom mempromosikan pengangkatan racun dari tubuh dan efek antimikrobanya membantu mengurangi lesi eksim yang meradang.

  • Campurkan satu atau dua cangkir garam Epsom di bak mandi yang berisi air hangat.
  • Campurkan 10 sampai 15 tetes minyak esensial lavender.
  • Rendam di dalamnya selama 15 sampai 20 menit.
  • Pat keringkan kulit Anda dan oleskan beberapa pelembab.
  • Lakukan ini sampai tiga kali per minggu.

Catatan: Mandi garam Epsom tidak dianjurkan untuk orang yang memiliki masalah jantung, tekanan darah tinggi atau diabetes.

  1. Chamomile

Chamomile adalah obat populer lainnya untuk mengobati eksim. Ramuan ini memiliki flavonoid yang memiliki sifat anti-inflamasi, yang membantu mengurangi gatal, pembengkakan, pembengkakan dan kemerahan.

  • Tambahkan satu sendok makan bunga chamomile kering ke satu cangkir air mendidih. Biarkan setidaknya selama 15 menit. Saring dan biarkan larutan menjadi dingin. Rendam sepotong kain bersih di dalamnya dan letakkan di kulit yang terkena selama 10 sampai 15 menit. Gunakan perawatan ini tiga kali sehari sampai gejala mereda.
  • Sebagai alternatif, Anda bisa mencampur beberapa tetes minyak esensial chamomile dalam satu sendok teh minyak zaitun. Oleskan pada area yang terkena dan pijit dengan lembut selama lima sampai 10 menit. Ulangi setidaknya dua kali sehari sampai masalah terpecahkan.
  1. Kayu cendana

Cara mengobati eksim secara alami lainnya dengan Cendana, bahan alami ini banyak digunakan di pengobatan tradisional untuk mengobati banyak masalah kulit, termasuk eksim karena memiliki sifat menenangkan, mendinginkan, antimikroba dan anti-inflamasi yang membantu menenangkan kulit yang jengkel dan kering. Plus, cendana bisa membantu membersihkan bekas luka eksim .

  • Campurkan satu sendok teh bubuk cendana dan kapur dengan air mawar yang cukup atau air biasa untuk membuat pasta kental.
  • Oleskan pasta ini ke kulit yang terkena.
  • Biarkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air suam-suam kuku.
  • Ulangi dua kali sehari selama sebulan.
  1. Pala

Pala memiliki khasiat antiinflamasi yang membantu mengurangi peradangan dan mengurangi rasa sakit akibat eksim. Inilah salah satu alasan mengapa pala merupakan ramuan umum dalam produk kecantikan. Anda bisa menghancurkan seluruh pala segar di atas parutan keju untuk mendapatkannya dalam bentuk bubuk.

  • Campur satu sendok makan bubuk pala dengan satu sendok teh minyak zaitun untuk membuat pasta kental. Oleskan pasta ini ke area yang terkena, dan biarkan selama 15 sampai 20 menit. Bilas dengan air dingin.
  • Sebagai alternatif, campur bagian yang sama dari kayu manis, pala dan madu untuk membuat pasta. Oleskan pasta ini ke daerah yang terkena, dan biarkan selama 30 menit. Bilas dengan air hangat.

Anda bisa menggunakan salah satu dari perawatan ini satu kali sehari selama beberapa minggu sampai eksim Anda sembuh total.

  1. Timun

Cara mengobati eksim secara alami lainnya ialah dengan timun, kandungan mentimun yang tinggi, ditambah dengan sifat anti-inflamasi yang kuat, menjadikannya obat yang efektif untuk eksim.

  • Potong satu mentimun menjadi irisan tipis dan rendam dalam air setidaknya selama beberapa jam. Kemudian, saring cairan dan oleskan pada kulit yang terkena. Biarkan kering sendiri dan kemudian bilas dengan air hangat. Ulangi beberapa kali sehari selama dua bulan.
  • Sebagai alternatif, Anda bisa memotong mentimun menjadi irisan dan memasukkannya ke dalam kulkas selama 30 menit. Masukkan irisan ketimun dingin pada kulit yang terkena selama 10 sampai 15 menit. Lakukan ini tiga atau empat kali sehari selama beberapa bulan.

Seiring dengan pengobatan ini, pastikan kulit Anda tetap terhidrasi dan dilembabkan dengan baik. Minum banyak air dan makan buah dan sayuran dengan kadar air tinggi setiap hari.

Selain itu, Anda dapat setiap hari meminum secangkir air yang dicampur dengan satu sendok teh cuka sari apel dan oleskan campuran cuka sari apel dan air yang sama di daerah yang terkena.

Gravatar Image
Blogger desa yang berasal dari Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Hobi ; ngeblog, desain grafis, dan peduli dengan kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *