Cara Untuk Mengobati Alergi dengan Bahan Alami

Cara Untuk Mengobati Alergi dengan Bahan Alami

Posted on

Bagi jutaan orang, setiap perubahan musim membawa beragam jenis pemicu alergi dan iritasi. Gejala umum alergi adalah pilek, tenggorokan gatal, batuk, mata gatal dan ruam kulit. Mereka yang menderita alergi musiman akan mendapat manfaat dari tindakan pencegahan untuk mencegah alergi sebelum terkena alergi. Adapun cara mengobati alergi secara alami perlu kamu lakukan sendiri.

Namun, jika gejala alergi muncul, Anda dapat menggunakan beberapa solusi rumah sederhana dan efektif untuk mengatasi masalah ini.

Cara Untuk Mengobati Alergi dengan Bahan Alami

Berikut ini adalah metode pengobatan cara untuk mengobati alergi dengan menggunakan bahan alami yang ada disekitar kita.

  1. Peppermint

Minyak esensial hadir dalam peppermint bertindak sebagai dekongestan dan memudahkan gejala alergi. Peppermint juga memiliki senyawa anti-inflamasi, antioksidan dan sifat antibakteri ringan yang menghambat reaksi alergi.

  • Untuk membuat teh peppermint, tempelkan satu sendok makan daun peppermint kering dalam satu cangkir air mendidih selama lima menit. Kemudian saring dan biarkan dingin. Tambahkan satu sendok teh madu sebelum meminumnya. Anda bisa menikmati dua sampai tiga cangkir teh peppermint setiap hari sampai Anda menghilangkan gejala alergi sepenuhnya.
  • Sebagai alternatif, Anda bisa menahan wajah Anda di atas secangkir teh peppermint panas selama lima sampai 10 menit. Ini akan membantu memecah lendir dan mengeluarkannya dari hidung dan tenggorokan Anda. Cobalah ini setiap kali Anda mengalami kesulitan bernafas.

Baca juga : Cara mengatasi rambut berminyak secara alami

  1. Uap

Uap bisa memberi kelegaan dari berbagai gejala alergi. Ini akan menyegarkan dan menenangkan sinus yang terganggu, sementara juga membersihkan bagian hidung dari kelebihan lendir dan iritasi.

  • Rebus beberapa gelas air sampai menghasilkan uap yang baik.
  • Tuangkan air mendidih ke dalam mangkuk besar. Tambahkan tiga atau empat tetes minyak esensial eukaliptus, peppermint essentialoil, minyak esensial rosemary atau minyak esensial pohon teh.
  • Angkat handuk di atas kepala dan rapatkan dengan hati-hati di atas mangkuk. Tarik napas dalam-dalam selama lima sampai 10 menit.
  • Ulangi satu sampai tiga kali sehari sampai Anda pulih sepenuhnya.

Catatan: Jaga agar wajah Anda cukup jauh dari uap untuk menghindari luka bakar.

  1. Cuka Apel

Cuka sari apel adalah obat kuno untuk alergi. Karena sifat antibiotik dan antihistaminnya, cuka sari apel sangat efektif dalam mengobati reaksi alergi. Ini dapat mengobati penyebab alergi dan dengan demikian mengurangi atau menghilangkan gejala seperti sering bersin, hidung tersumbat, gatal, sakit kepala dan batuk.

  • Tambahkan satu sendok makan cuka sari apel organik ke segelas air. Campurkan satu sendok makan jus lemon segar dan satu setengah sendok makan madu mentah.
  • Minum ini tiga kali sehari sampai Anda mendapatkan penyembuhan dari gejala alergi akut.
  1. Daun jelatang

Daun jelatang bisa sangat efektif untuk mengobati alergi musiman maupun kronis. Menjadi antihistamin alami, daun jelatang bisa menghalangi kemampuan tubuh menghasilkan histamin dan karenanya memberikan kelegaan dari berbagai gejala alergi.

  • Masukkan satu sendok makan daun jelatang kering ke dalam cangkir. Tuangkan air mendidih ke atas ramuan dan biarkan selama lima menit. Saring, biarkan hingga dingin lalu tambahkan sedikit madu. Minum teh ini dua atau tiga kali sehari sampai gejala Anda hilang.
  • Sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan kapsul nettle. Anda harus berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan petunjuk, termasuk dosis yang tepat dan berapa lama waktu yang dibutuhkan.
  1. Bawang Putih

Bawang putih adalah antibiotik alami yang dapat secara efektif menangkal alergi. Sifat anti – virus dan kekebalan tubuh dari bawang putih secara harfiah bisa membuat dokter tetap pergi selama musim alergi.

  • Makan dua atau tiga siung bawang putih mentah setiap hari selama satu atau dua minggu untuk mengatasi berbagai gejala alergi.
  • Jika Anda tidak tahan dengan bau atau rasa bawang putih yang kuat, Anda bisa mencoba suplemen bawang putih tapi baru setelah berkonsultasi dengan dokter.
  1. Lemon

Lemon adalah antihistamin alami dan sumber vitamin C dan antioksidan yang sangat baik. Bahan ini juga bekerja sebagai antitoksin. Oleh karena itu, lemon dianggap sebagai obat rumah yang sangat efektif untuk alergi.

  • Sebelum musim alergi, mulailah minum secangkir air hangat yang dicampur dengan jus segar dari satu lemon setiap pagi. Lanjutkan setiap hari selama alergi berlangsung.
  • Sebagai alternatif, tambahkan satu setengah cangkir jus lemon, satu sendok makan madu dan satu sendok teh cabai rawit ke secangkir air hangat. Minumlah ini setiap hari selama alergi agar tubuh tidak terdetoksifikasi .
  1. Kunyit

Kunyit mengandung kurkumin yang bertindak sebagai dekongestan dan karenanya membantu mengurangi gejala alergi. Selain itu, kunyit merupakan antioksidan kuat dan zat antiinflamasi.

  • Dalam toples gelas yang bersih, masukkan enam sendok makan masing-masing bubuk kunyit dan madu mentah. Aduk bahannya. Makan satu sendok teh campuran ini dua kali sehari selama musim alergi.
  • Sebagai alternatif, gunakan kunyit dalam masakan Anda dan Anda bisa minum suplemen kunyit tapi baru setelah berkonsultasi dengan dokter.
  1. Madu Lokal

Banyak orang bersumpah bahwa makan madu lokal benar-benar bekerja untuk menyingkirkan gejala alergi. Madu lokal yang diproduksi oleh lebah di wilayah Anda mengandung serbuk sari lebah, yang membantu menangkal alergi.

Konsumsilah satu sendok teh atau lebih madu mentah yang belum diproses tiga atau empat kali sehari untuk membantu meringankan gejala selama musim alergi.

Untuk hasil terbaik, banyak yang menyarankan mulai makan madu lokal sekitar satu bulan sebelum musim alergi.

  1. Mandi air hangat

Menikmati mandi air panas adalah obat lain yang sangat berguna untuk alergi. Bila Anda menghabiskan waktu berjam-jam di luar rumah selama musim terang, rambut dan kulit Anda terkena partikel debu, serbuk sari dan iritasi lainnya yang dapat memicu alergi.

Untuk menyingkirkan sumber alergi Anda, mandi air panas dan bersihkan rambut Anda setelah Anda berada di luar. Selain itu, mandi air panas membantu membuka sinus Anda, membuat pernapasan menjadi sedikit lebih mudah. Air hangat bahkan membantu Anda rileks dan menikmati tidur nyenyak .

Ini adalah beberapa cara mengobati alergi secara alami. Namun, jika gejalanya menjadi parah, berkonsultasilah dengan dokter.

Gravatar Image
Blogger desa yang berasal dari Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Hobi ; ngeblog, desain grafis, dan peduli dengan kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *